Warta

Berita



24
Jun
24 Jun 2019 | 08:00WIB | Kategori : Hibah Air Minum | Oleh : Admin

Pelaksanaan Rapat Teknis Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun 2019

Pemerintah Melalui Kementerian Keuangan dan Kementerian PUPR melaksanakan Program Hibah Air Minum Perkotaan yang bersumber dari pendanaan APBN Kegiatan Pelaksanaan Rapat Teknis Hibah Air Minum Perkotaan diselenggarakan di Gedung SDA Kementerian PUPR (21/06/2019) bertujuan meningkatnya komitmen dari pemerintah kabupaten/kota penerima hibah Air Minum Perkotaan APBN TA 2019 dalam pelaksanaan program melalui penyusunan rencana tindak lanjut dan kesepakatan penyelesaian pelaksanaan program.

Dalam sambutan Kementerian Keuangan yang diwaliki oleh Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan, DJPK, Ubaidi Socheh Hamidi  mengatakan Kementerian Keuangan telah menerbitkan Surat Penetapan Pemberian Hibah (SPPH) Program Hibah Air Minum Perkotaan APBN TA 2019 untuk 138 Kabupaten/Kota dengan nilai hibah Rp. 709.992 Milyar dan target output sebanyak 240.630  SR. Dan mengingatkan daerah dapat menyelesaikan pemasangan SR dan dicairkan pada masa satu tahun anggaran ini.

Acara dilanjutkan dengan Arahan dan pembukaan oleh, Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga. Dalam arahannya, Danis mengharapkan pemerintah kabupaten/kota dapat memfasilitasi sebaik-baiknya program hibah Air Minum, untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum untuk memenuhi SPM, serta melaksanakan dengan baik seluruh tahapan kegiatan sesuai dengan pedoman hibah air minum.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga penandatanganan secara simbolis Surat Perjanjian Hibah Daerah (PHD) dari Kementerian Keuangan kepada Pemerintah Daerah yang diwakili oleh 4 (empat) Kepala Daerah Penerima Hibah Air Minum Perkotaan, yaitu Bupati Kabupaten Manggarai, Bupati Kabupaten Sukabumi, Walikota Bitung dan Bupati Kabupaten Banyumas.
Kegiatan rapat teknis Pelaksanaan Program Hibah Air Minum Perkotaan dilanjutkan dengan diskusi panel dengan para narusmber adalah Direktur Pengawasan BLU, BLUD, Badan Usaha Jasa Air, BUMD dan BUMDes (BPKP), Kasubdit Hibah, Dana Darurat dan DID (Kemenkeu) dan Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (Kemen PUPR), serta dimoderatori oleh Ketua CPMU Hibah Air Minum.

Dan rapat teknis diakhiri dengan diskusi desk kabupaten/kota, dalam membuat kesepakatan pelaksanaan PDAM dan PIU Kabupaten/kota untuk dapat menyelesaikan pekerjaan fisik pemasangan sambungan rumah (SR) selambat-lambatnya pada bulan September 2019. (adm)